Tuesday 14 May 2013

MERAIH TAQWA MELALUI INTROSPEKSI



MERAIH TAQWA MELALUI INTROSPEKSI
Allah berfirman dalam surat Al-Ashr yang berbunyi:
وَالْعَصْرِ﴿١﴾إِنَّ الْإِنسَانَ لَفِي خُسْرٍ﴿٢﴾إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ﴿٣﴾
Artinya: “ demi masa sesungguhnya manusia berada dalam kerugian kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran”. (Al-Ashr:1-3).
Dari ayat diatas kita diperintahkan untuk memperhatikan sekaligus mempergunakan waktu sebaik-baiknya, sehingga karena sangat urgennya waktu ini, Allah mengiringi lafal wau (و) qasam yang berarti wau yang menjelaskan sumpah. Artinya bahwa Allah bersumpah demi waktu bahwa manusia sesungguhnya berada dalam kerugian. Lalu manusia yang seperti apakah yang akan berada dalam kerugian itu?
Kalau kita kembalikan kepada firman Allah dalam lafal “innal insana lafi husr”. Maka lafal al-insan merupakan lafal yang aam (khusus), artinya bahwa semua manusia yang di bumi ini berada dalam kerugian. Akan tetapi Allah berfirman dalam ayat selanjutnya sebagai taqyid (pengikat) bagi ayat sebelumnya “illal ladzina amanu wa amilus-solihati watawa shaubil haqq wa tawa shaubis-shabr”. Maka artinya, kecuali orang—orang yang beriman, beramal shaleh, saling menasehati dalam kebaikan dan kesabaran sajalah yang tidak termasuk orang yang berada dalam kerugian. Maka yang harus kita pertanyakan sekarang adalah apakah kita termasuk orang-orang yang dikriteriakan seperti yang di kecualikan oleh Allah swt dalam ayat ketiga surat Al-Ashr tadi? Maka salah satu untuk mengetahuinya adalah dengan bermuhasabah atau introspeksi diri terhadap diri kita priba.  Sudah berapa banyak amalan-amalan shaleh yang telah kita kerjakan? Sudah berapa banyak shadaqah yang kita berikan? Sudah berapa banyak orang-orang miskin dan anak-anak yatim yang telah kita santuni? Dan yang paling penting kita perhatikan juga adalah sudah ikhlaskah dan sesuaikah kita dalam mengerjakan amalan-amalan tersebut sesuai dengan yang di ajarkan oleh baginda Nabi Muhammad saw? Inilah yang harus kita perhatikan dan pertanyakan kepada diri kita dalam bermuhasabah, guna meraih ketaqwaan kepada Allah swt.
Allah swt berfirman:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ﴿١٨﴾
Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah Setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (Al-Hasyr:18).
Ayat ini memerintahkan kepada kita selaku orang yang beriman, untuk  bertaqwa kepada Allah swt, yang dimaksud dengan taqwa adalah menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-larangannya. Dan dalam ayat ini juga Allah memerintahkan kepada orang-orang mukmin untuk  memperhatikan masa yang telah lampau guna mempersiapkan hari yang akan datang atau hari kiamat. maka untuk mempersiapkan diri kita dalam menghadapi akhirat ini kita harus banyak-banyak melakukan introfeksi diri dengan melihat kepada keadaan ibadah, kelakuan, sikap dan sifat yang telah kita lakukan sebelumnya agar kita dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita. Apabila di masa yang telah lampau tahun 2012 kemarin cintohnya, kita hanya melakuakan shalat fardhu lima waktu saja, maka di tahun 2013 ini kita harus menjalankan salat-salat sunnah qobliyyah ataupun ba’diyyah dan salat-salat sunnah lainnya yang dicontohkan oleh rasulullah SWA juga, apabila di tahun kemarin kita sudah melakukan salat-salat fardu beserta salat-salat sunnah qabliyyah atau ba’diyyah-nya, maka ditahun 2013 ini kita jalankan dan biasakan salat lail (tahajud), jika tahun kemarin kita masih belum mampu melakukan puasa sunnah seperti puasa hari senin dan kamis atau puasa Nabi Daud selang seling, Maka di tahun sekarang ini kita harus berusaha untuk dapat mengerjakan puasa-puasa sunnah tersebut. Dan begitu seterusnya sehingga dengan bermuhasabah berintrofeksi diri ini keimanan dan ketaqwaan kita akan terus bertambah.
Amirul mukminin Umar bin Khatab pernah berkata:
وَيُرْوَى عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ قَالَ حَاسِبُوا أَنْفُسَكُمْ قَبْلَ أَنْ تُحَاسَبُوا وَتَزَيَّنُوا لِلْعَرْضِ الْأَكْبَرِ وَإِنَّمَا يَخِفُّ الْحِسَابُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ عَلَى مَنْ حَاسَبَ نَفْسَهُ فِي الدُّنْيَا
Artinya: diriwayatkan dari Umar bin al-Khathab, ia berkata:“hisablah dirimu sebelum kau di hisab dan berhiaslah untuk persaksian akbar. Sesungguhnya hisab pada hari kiamat itu ringan bagi orang yang menghisab dirinya di dunia”.



وَيُرْوَى عَنْ مَيْمُونِ بْنِ مِهْرَانَ قَالَ لَا يَكُونُ الْعَبْدُ تَقِيًّا حَتَّى يُحَاسِبَ نَفْسَهُ كَمَا يُحَاسِبُ شَرِيكَهُ مِنْ أَيْنَ مَطْعَمُهُ وَمَلْبَسُهُ
Artinya: “diriwayatkan dari Maimun bin Mihran, ia berkata: seorang hamba tidak akan menjadi bertaqwa sampai ia menghisab dirinya seperti ia menghisab temannya (dengan memperhatikan) dari mana ia mendapatkan makanan dan pakaiannya”.
Dari perkataan Umar bin Khatab ini, maka hendaknya kita menghisab, muhasabah atau introspeksi diri kita sebelum kita dihisab oleh Allah swt pada hari yang besar yaitu hari kiamat. maka jelas bahwa dengan bermuhasabah atau introspeksi diri inilah kita dapat mengetahui kadar keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah swt dan juga kita dapat mengetahui kekurangan-kekurangan yang harus kita perbaiki dan tingkatkan di hari esok sebagai persiapan kita dalam menghadapi yaumul hisab atau hari kiamat nanti.


...
Powered by Blogger.